Selasa, 07 Juli 2009

ROSWIDHAPRILLA

Ass. senang membaca goresan ini. sy ingin berbagi pengalaman ku. anak2 itu beda anak beda segalanya. dulu suami selalu mengharuskan sy menyuapi anak2 pagi siang dan sore. kalo sore sy selalu bareng dgn pembantu 2 sekitar kompleks yg juga menyuapi makan anak majikannya. sering mrk sy lihat membuang makanan krn anak majikan tidak mau makan, dan kadang2 ada pembantu lain yg makan krn anak majikan tidak mau makan. jd jangan heran kalo pembantu nya yg gemuk anak majikan tambah kurus.
pengalaman ku yg lain lagi. setelah suami pergi ke kantor sy suruh anak sy makan sendiiri maksudnya menyuapi sendiri....... ternyata dia suka .... dan tangan kirinya sy suruh pegang buku dan sy suruh lihat gambar di buku trsbt .lama2 dia suka dgn aktivitas ini.. di WC juga anak2 sy biasakan bw buku , buku apa sj , lama kelamaan dia punya kebiasaan membaca, di kamar tidur mrk sy sediakan fasilities Tv dan computer beserta internet, biasakan anak mendengan dan melihat orang berkomunikasi dgn BHs Inggris. anak jangan selalu dipaksa. tapi kita arahkan dan kita selalu awasi. sholat juga jangan dipaksa2 tapi masukkan anak ke sekolah islam. jd dirumah kita sholat . sehingga anak melihat apa yg kita kerjakan..... jadi sebenarnya mendidik anak itu tidak sulit. tetapi bgmn kita menberi contoh saja.


setelah SMP dan SMA anak2 juga sy biasakan naik bus kota. pertama kali sy ajari mrk naik bus kota/angkutan umum dan sy iringi dr belakang dgn mobil sy. sy katakan. hidup harus mandiri. bgmn kalo kita tdk kaya. dan mama atau pak sopir ada halangan menjemput apa kamu jadi tidak bisa kemana2 krn terbiasa dgn mobil pribadi.


jika mrk belajar. sy katakan bg waktumu. kapan belajar. kapan makan kapan bermain kapan waktunya sholat. jd anak2 dr kecil sdh sy biasakan mandiri dan mengatur hidupnya.

kalo htr minggu mrk sy suruh mencuci....... br mrk boleh pergi jalan2 dgn teman2nya. kalo setrika..... boleh kamu atur kapan perlu dan kapan waktunya untuk mensetrika.

anak2 dr SMP sdh sy biasakan les bhs Inggris.... kalo dapat jadwal malam les d EF. sy menunggu anak2 pulang les. sambil belajar d Mobil, jadi waktu menunggu... d mobil sy manfaatkan untuk baca2.

yg bungsu sejak kecil sy bawakan makanan dan siangnya sy masakan dan bawakan untuk makan siangnya. memang capek tp inilah cara sy mengajari anak2 mandiri.

kalo siang. kadang2 anak2 sy ajari masak sendiri. sy pura2 tidak mau masak. jd sepulang sekolah dalam keadaan laper. mrk katakan. mama sy laper knp mama tdk masak? tuh cumi atau acam ada d kulkas . kangkung juga ada. ayo mama ajri masak. cabe sudah maa giling d pasar kamu tinggal tumis aja.
Alhamdulillah. skrng anak2 sy. yg tua 22 tahun sdh tamat ITB tgl 15 April 2009. dan skrng ada d Jerman dpt beasiswa dan juga kerja. untuk tambah2 keperluan study dan hidupnya d sana . yg kedua D UNPAR Bandung smtr 5, walau dia bilang mama kuliah sy banyak tugasnya. ndak apa2 ya cuci baju sy suruh mbak pembantu dan makan sy beli d warung ya ndak apa2. kalo kita punya duit. yg pasti mama sdh mendidik kamu mandiri dalam sgl hal. yg k 3 SMP memang sekolah mahal 800 ribu rupiah SPP setiap bulan sekolah pagi dan pulang jam 5 sore.

jadi anak2. walau tanpa sy disampingnya mudah2an anak2 bisa mengurusi diri sendiri.

mudah2an anak2 sy bisa berhasil dan sukses dalam hidupnya. begiitu juga dgn anak2 semua ibu2 dan bapak2 yang lain.

ajari anak2 sedari kecil dgn contoh yang baik dari orang tua. memang tiada gading yang tak retak. hidup memang tak ada yg sempurna tapisetidak2nya takdir kita tak bisa menghindarinya.

tidak semua pengalaman hidupku baik2 ada saja ketidak sempurnaan dalam hidup ini terutama dalam kehidupanku. tapi bagaimana kita sebagai manusia menyikapinya.

terima kasih sudah menluangkan waktu membaca goresan dan pengalaman sy.

kita berbagi cerita semoga ada manfaatnya .

mudah2an ada pengalaman ibu2 dan bapa yang lebih baik dan sempurna kita tunggu dan saling berbagi pengalaman.

wassalam

Rossy

Tidak ada komentar: