Selasa, 07 Juli 2009

"RAHASIA HATI"

RAHASIA HATI
BY : ROSWIDH


Malam yang dingin, kami berjalan bergandengan tangan menyusuri jalan yang mulai ramai dengan orang-orang yang punya tujuan yang sama yaitu melihat pameran lukisan di Balai Serba Guna.
Gerimis tiba , saat itu engkau mendekapku erat-erat dalam pelukanmu. Sangat erat, seakan tidak mau berpisah dariku. Engkau orang yang selama ini ku cintai dan ku perjuangkan keberadaannya. “Daru”, pemuda tampan yang selama ini aku cintai berasal dari kampung Ampel Jawa Tengah.
Tapi ibunda Daru tidak merestui hubungan kami. Tapi aku sangat menyayangi dia dan mencintainya. Dia yang membuat hari-hariku penuh warna.
Kami sampe di Balai serba Guna ,Suasana malam yang semula hening berubah menjadi ramai karena pengunjung pencinta lukisan di balai Serba Guna tersebut sudah memenuhi gedung tersebut.
***
Rina membaca dengan teliti iklan di Tabloid NOVA, disapunya dengan ujung matanya semua iklan kecil di Tabloid tersebut. Diambilnya pena bewarna merah dan dilingkarinya iklan yang menurut Rina patut dihubungi.
“ Hallo Saya Pasha” bisa bicara dengan……….
“ Hallo juga apa bisa di Bantu “
“ Saya suka tulis menulis tapi saya ndak tahu bagaimana cara menulis yang baik apa benar ini tempat yang sesuai untuk menanyakan hal ini”
“ Benar Loh Mbak Pasha, panggil saya Mas Daru ya? Saya Ketua Pembimbingan Penulisan disini”. Bisa saya minta alamat email mbak nanti saya krim bahan untuk pembimbingan tersebut.

Keesokkan harinya, Rina membaca email yang masuk. 12 Juni 1.41 PM .
“ Ini saya kirim bahan nya semoga bisa menjadi inspirasi anda ,Salam Daru “

Sebentar dan dgan cepat Rina membaca tulisan tersebut kemudian Rina mengklik email yang yang masuk lagi.
12 Juni 1.44 PM
Ok, terserah aja asal jangan panggil nama cewe...boleh mas ato bang ato ujang....Woww.... sa dah download tulisan Ayuk Pasca.Runtutannya sdh bagus, tapi emosinya mash datar-datar aja yaaa....Utk permulaan sdh cukup deskriptif tinggal menyesuaikan pitch controlnya.Selamat mencoba menulis lg.....Salam,ZLEDem

Email masuk 12 Juni 4.33 PM
Ok, untuk lebih baiknya agar seperti teman-teman sebagai peserta konsultasi ini, maka saya akan kirim lembar kesepakatan untuk asistensi Ayuk ato Bu Rosa sebagai client.Terus terang pelatihan dan pendampingan ini juga ada balas jasanya. Agar kita dapat kerja sama secara profesional dan sama-sama merasa bermanfaat maka perlu Perjanjian Kerjasama (PKS). Bagaimana menurut Anda?
Salam,Daru


Rina ndak bisa menjawab………………
Belum punya uang sih saya. Kasih tempo ya bulan depan ya Mas Daru?.
Tak ada jawaban………………
…………………
tapi Rina tetap menulis……menulis dan menulis lagi…….

Gak enak ya orang yang gak punya uang………
dari sms kata mas Daru ……….uang pembimbingan Rp. 500.000
Tapi ini kan kerja yang Profesional……..
Ya saya coba paham aja dan mengerti
Membatin hati Rina
Lahir tulisan-tulisan tanpa pembimbingan, coba kalo sudah dibimbing…….. jadi terarah nulisnya……..pikir Rina dalam hati.
Sabar aja…………..tulis aja dulu, nach ini nih hasil tulisan dalam kesendirian dan kesedihan yaitu :
1. Pola pikir dalam manajemen waktu
2. Beberapa Dampak Narkotika Terhadap Manusia
3. Apa yang harus kita perbuat sebagai orang tua untuk memberantas penyalahgunaan narkotika terhadap generasi muda.
Wow………. dimana Rina tau tentang Narkoba……….Literatur dong mas?……….. juga ada pengalaman temenku……. ndak karib sih……… tapi aku tau dia mengkonsumsinya.

1. Sikap dan prilaku manusia dalam lingkungan social dan penanganannya.

Tulisan Jeritan Hati Perempuan Tegar…….males aku lanjutkannya…kenapa?……..aku gak bisa nulis kalo hatiku gak tertekan……… gak sedih……. dan gak nangis…….. sekarang aku happy dan banyak aktivitas dan banyak temen. Jadi gak ada ide buat nulis.


***

Lama Rina tidak menelpon lagi dan pada suatu ketika ada keinginan Rina Nelpon lagi
“ Hallo Mas Daru masih ingat saya”
“ Maaf siapa ya”
“ Saya Pasha yang nanya tentang penulisan tempo hari, tapi nama mbak sebenarnya mbak Rosa “
“ oh ya”
“ Lagi dimana mbak”
“ Saya lagi meeting”
“ Rajin sekali malam-malam begini masih meeting, kerja dimana sih kalo boleh tau”.
…………………………..
…………………………..
“Ok. Selamat malam juga ya mbak”

Rina siap-siap untuk tidur, besok hari pertama ya hanya dua hari pelatihan ini dan kami menginap di Hotel Swarna Dwipa. Pelatihan yang diikuti bersama kurang lebih 40 orang terdiri dari Peg PU dari Jambi Bengkulu Lampung dan Bangka serta belitung hanya Rina yang Dosen , Thema Pelatihan yaitu “ Pelatihan pelaksanaan proyek dari sisi lingkungan hidup dan keselamatan jalan “ yang diadakan oleh SubDit teknik lingkungan Direktorat Bina Teknik DPU Direk Jend BM Balai besar pelaksanaan Jalan Nas III.
Pagi dengan serius Rina dan teman-teman mengikuti pelatihan tersebut dan siangnya Ke Lapangan melihat pembangunan jalan layang (Fly over) di simpang Polda dan kami mendapat tugas untuk membuat tulisan tentang Dampak2 yang terjadi akibat pembangunan Flyover, maksudnya dampak dari sisi lingk, social, ekonomi, dst. Baik sebelum sedang dan sesudah pembangunannya.
Malam mempersiapkan bahan untuk presentasi tersebut emang sih kerja kelompok tapi harus siap dong secara individu karena nanti ada Tanya jawab dari kelompok lain dan juga dari instruktur. Hari kedua pelatihan sore pulang kerumah.
***

Jum’at 24 Juni 2007
Rina sampe di Sanggar senam, biasanya Rina jago telat, karena sebelum keluar rumah untuk mengerjakan aktifitas sehari-hari diluar, Rina mengerjakan pekerjaan rumah tangga dulu seperti nyuci baju dan cuci piring serta menyapu halaman. Tapi pekerjaan tersebut sudah dikerjakannya malam tadi, yah………bener ndak boong, sehingga Rina orang pertama yang datang ke Sanggar senam pagi ini.
Dilihatnya jam dipergelangan tangannya menunjukkan jam 8.20 pagi, apa gak senam ya hari ini guman Rina dalam hati, di ambilnya HP dari tasnya dan Rina membaca-baca Sms lama dan tak lama di kliknya salah satu nama dari name contack.
“ Hallo saya mbak Rosa masih ingat ndak” Ini mas Daru ya?”
“ Ya Pagi mbak Rosa ”
dst…………………..
…………………………
………………………..
……………………….
Wow lama sekali saya nelpon hamper 20 menit.
Teman-teman senam mulai rame berdatangan ke sanggar dan tak lama…. Musik berbunyi dan mereka mulai senam deh……………. Happy dan sehat seger fresh……..sesudah senam…………. Makan dengan teman-teman. Biar gemuk loh mas………….
Istrirahat di kost dan tak lupa ambil buku –buku untuk ngajar dan kursus besok.
***
Hari-hari penuh aktifitas dilakukan Rina, teaching……….Inglish Course……..Senam………Studi in Pasca……Take Pray , ngaji……….eat…….and don’t forget take a rest.
***
“Ibuku datang dari Kampung Ampel Jawa Tengah, aku ndak bisa nemui mbak di Hotel Grand Kemang tempat mbak ikut seminar Rawa hari ini“ terbaca sms pagi itu dari mas Daru.
Rina dua hari ikut seminar rawa dengan “ Thema Pengelolaan dan Pengembangan Rawa”.
Hup capek………tapi…………….Rina melihat jamnya menunjukkan jam 4.15 sore , di ambilnya Hp dari tasnya dan nomer yang tak asing lagi di tekannya tapi tak ada sautan dari ujung sana.
“Sibuk kali mas Daru yah……….membatin hati Rina.
“Sopan gak ya mampir kerumahnya mumpung ada di Jakarta nikh…membatin lagi hati Rina.
Dipanggilnya taksi dan tak lupa memberikan alamat yang akan ditujunya yah alamat mas Daru.teman……yang baru dikenalnya..sebenarnya bukan teman.tapi pembimbing tulis menulis Rina selama ini.
Untung aku menanyakan alamat rumah mas Daru dan untung gak lupa bawa catatan alamat rumahnya.
Rina ingat, hampir lupa dia membawa catatan tersebut karena Rina mencatat alamat tersebut di ujung Koran……..Rina ingat sebelum pergi ke seminar ini dengan cepat di robeknya ujung Koran yang tertulis alamat Mas Daru……..siapa tau ada gunanya.
“untuk Guide ku kalo aku ke Jakarta …..
“boleh kalo aku gak sibuk ya mbak”. Kerjaan aku banyak banget…mbak, maklum entrepreneur.
“aku jg jurnalis klinis. Yaa kita selalu wawancarai puteri atau miss Indonesia .
“Asyik dong liat yang cake-cakep sexy dan muda lagi…
“Ya donk mbak………

“ Dimana Mas?” suatu saat Rina bertanya
“ lagi makan di pasar festival, td mo interview dgn uni Yenny rahman gak jadi, diganti besok drumahnya”.
Tulis terus apa yg jd uneg2 mbak ya?.
Asyik Rina membaca sms dari Mas Daru dan Rina mematikan Hpnya ketika Driver Blue Bird berkata “ Kita sampe Bu “
“Itu alamat rumah yang ada di catatan ini , Nomer 2408 khan bu?.
Rina mengucapkan terima kasih dan menyuruh Driver BB untuk menunggu.
“ Saya gak lama kok pak? Tunggu saya ya’?.
“ Baik bu?” ‘saya tunggu di bawah pohon itu dingin loh bu disana”.
***
“ Assalamualaikum”
tak terdengar jawaban dari dalam rumah………………
……………………..dst.
Rina melihat catatan alamat rumah nomer 2408 bener nih alamat rumah mas Daru tapi kok sepi yah rumah ini. Apa pergi ya?.
………………………
……………………..
……………………..
***

“Bener……… gak bisa nulis lagi mbak”?
“Coba aja……
“nih hasil tulisanku”, “
“ apa judulnya mbak………”
“ belum ada judul nya “
“Mas kasih judulnya yah”.
“ Tapi tulisan ini sudah ada judulnya kok mbak’ RAHASIA HATI”
“ Bisa Dirubah kok mas sesuai dengan alur cerita yang mas akan lanjutkan”
“ Kok dilanjutkan mbak’?
“ Ini kan karya kita berdua”.
“ Kalo aku gak mau lanjutkan”
“ Pasti mau khan mas penulis ahli” tambah aja dengan ngombal ngombalnya agar menarik khan situ pernah bilang”.
“ Ok Deh mbak.
“Bener ya? mau lanjutkan”?…………..ya tolong lanjutkan tulisan ini. Boleh happy ending. Boleh sad ending mas. Tergantung sudut pandang situ…….. mau dibawa kemana arah nulisnya.
……………………..

CATATAN
Ok mas Daru aku mau tidur dulu yah mas……………
Jangan tersinggung dan ndak ada maksud apa2 aku nulis tulisan ini.. aku tau kok ……. Dan sadar siapa aku………
Ini hanya.. untuk mengingatkan awal perkenalan kita sebagai yang terbimbing dan pembimbing tulis menulis.
jangan bosen bimbing aku yah………….
Kalo aku jadi penulis beneran dan produktif suatu saat nanti..
siapa hayo …….yang …………yang berperan……… dalam……. Hal ini. Pastilah pembimbing ku ini.
Assalamualaikum………..met malem.
Hampir lupa bener besok aku kirim uang loh mas.percaya khan udah janji….
27 Agustus 2007 malam Selasa Poligon Palembang

Tidak ada komentar: